JBS guys...
Yuk kita refreshing sejenak, dengan cara sejenak keluar dari rutinitas tugas-tugas keseharian kita. Keluar dari lingkungan kerja saat ini, naik ke atas...terus ke atas...sehingga pandangan kita jadi jauh lebih luas... Saat ini, kita tidak hanya melihat jenis pekerjaan yang kita kerjakan secara rutin sehari-hari, tapi kita juga sudah bisa melihat lingkungan sekitar dari apa yang kita kerjakan sehari-hari. Dan makin ke atas...terus ke atas...makin tampak lingkungan-lingkungan kerja lain selain lingkungan kerja kita sendiri...
Poin yang penulis mau angkat sebenarnya dengan mengajak untuk melihat lingkungan kerja kita dari kejauhan adalah apakah kita sadar bahwa saat kita bekerja itu dalam sebuah lingkungan kerja tertentu, dan lingkungan kerja kita adalah bagian tersendiri dari lingkungan kerja - lingkungan kerja yang lain.
Kita mungkin abai terhadap hal itu, karena kita sedang asyik-masyuk pada zona KEPUASAN KERJA!!.
Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan Kepuasan Kerja itu?.
Kepuasan kerja adalah
keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dimana para
karyawan memandang pekerjaannya, juga
di definisikan sebagai sebagai perilaku yang dimiliki seseorang terhadap
pekerjaan mereka, dari persepsi mereka terhadap pekerjaannya dan derajat
kesesuaian antara individu dengan organisasi. Atau merupakan keadaan emosional
yang positif atau menyenangkan sebagai hasil dari penilaian terhadap suatu pekerjaan atau pengalaman kerja seseorang.
JBS guys…dengan demikian dapat kita
simpulkan bahwa kepuasan kerja
adalah perasaan positif dan menyenangkan dari seorang karyawan terhadap pekerjaannya.
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan kerja yaitu:
- Pekerjaan itu sendiri.
Isi dari
pekerjaan itu sendiri adalah sumber utama dari kepuasan kerja, dimana pekerjaan
memberikan tugas yang menarik, kesempatan untuk belajar, dan kesempatan untuk
menerima tanggung jawab.
- Kompensasi (upah atau gaji)
Gaji dipersepsikan sebagai keadilan yang didasarkan tuntutan-tuntutan
pekerjaan, tingkat keterampilan individu, dan standar gaji yang berlaku untuk
kelompok pekerjaan tertentu, maka akan ada kepuasan kerja
- Promosi jabatan
Promosi
menunjuk pada suatu kesempatan untuk memperoleh jenjang tertentu yang lebih
tinggi dalam organisasi. Pencapaian prestasi tertentu juga memungkinkan
diberikanya kesempatan untuk mendapatkan jenjang jabatan yang lebih menantang
- Hubungan dengan rekan kerja
Bagi kebanyakan
karyawan, kerja juga mengisi kebutuhan akan sosial. Oleh karena itu, bila
mempunyai rekan kerja, kelompok kerja yang kohesif, ramah dan menyenangkan
dapat menciptakan kepuasan kerja yang meningkat. Kesetiakawanan, kerukunan dan
kesediaan untuk saling bekerjasama antar teman sekerja merupakan sumber
peningkatan kepuasan kerja.
- Supervisi
Supervisi
adalah kemampuan seorang atasan untuk memberikan bantuan secara teknis maupun
memberikan dukungan, baik dalam hal mengarahkan, memimpin, dan mengembangkan
karyawan yang bekerja dibawah divisinya. Konsep ini adalah sejauh mana atasan memberikan peluang kepada karyawannya
melalui tugas-tugas yang mereka berikan dan umpan balik dari karyawan.
- Lingkungan kerja
Faktor ini
lebih banyak berkaitan dengan kondisi fisik lingkungan kerja. Jika kondisi
kerjanya berkualitas baik misalnya tampak bersih dan menarik, maka individu
akan dapat lebih semangat melaksanakan pekerjaannya.
Dampak kepuasan kerja jika dipenuhi dapat meningkatkan produktifitas, menurunkan absensi, menekan turnover.Tingkat kepuasan kerja karyawan yang rendah akan berdampak pada tindakan-tindakan :
- Keluar (Exit), Ketidakpuasan kerja diungkapkan dengan meninggalkan pekerjaan, termasuk mencari pekerjaan lain (turnover)
- Menyuarakan (Voice), Ketidakpuasan kerja diungkapkan
melalui usaha aktif dan konstruktif, memperbaiki kondisi, memberi saran perbaikan dan diskusi masalah.
- Mengabaikan (Neglect), Ketidakpuasan kerja diungkapkan melalui sikap membiarkan
keadaan menjadi lebih buruk, sering absen, terlambat,
malas, dan kinerja menurun
- Kesetiaan (Loyalty), Ketidakpuasan kerja yang diungkapkan dengan menunggu secara pasif sampai kondisinya menjadi lebih baik, termasuk membela perusahaan terhadap kritik dan percaya bahwa organisasi akan melakukan hal yang tepat untuk memperbaiki kondisi.
Demikianlah guys...
Semoga kita semua masih dalam keadaan memiliki kepuasan kerja terbaik ya...?? Aamiin...
Keep moving forward for JBS....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar