Selasa, 24 Desember 2019

MANAJEMEN : FAKTA DARI MULTITASKING


Saat melihat seseorang yang dapat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, kita pasti berdecak kagum. Kita beranggapan bahwa orang tersebut benar-benar hebat. Pasalnya, tidak semua orang dapat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu atau yang biasa disebut dengan multitasking.

Tidak dapat dipungkiri pada era yang serba-cepat sekarang, kita dituntut untuk dapat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu agar pekerjaan-pekerjaan tersebut cepat selesai. Sebagai karyawan, juga dituntut untuk bekerja secara cerdas dan cermat. Maka tidak heran, banyak orang (meskipun terpaksa) dapat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.
Namun, melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak sebaik dan seefektif yang selama ini kita bayangkan. Ternyata, banyak fakta mengerikan di balik semua itu yang mengganggu kehidupan kita, seperti berikut ini.
  • Membuat Stress
Saat dituntut untuk sering melakukan banyak pekerjaan di kantor dalam satu waktu, membuat otak terstimulusi secara berlebihan sehingga dapat membuat stres. Stres yang berkepanjangan akan berdampak buruk pada masalah psikologi, seperti cemas yang berlebihan dan frustasi. Jika tidak segera ditangani, kemungkinan akan melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri sendiri.
  • Mengurangi Produkstivitas dan Memperlambat Kinerja
Jika dihadapkan pada banyak hal yang memerlukan perhatian, fokus dan produktivitas yang tinggi, kinerja otak akan terbagi dan bekerja melebihi batas kemampuannya sehingga akan mengalami kebingungan. Tentu saja hal ini akan mengurangi produktivitas dan memperlambat kinerja.engurangi Tingkat Konsentrasi
Terlalu sering melakukan pekerjaan secara multitasking membuat harus lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Hal ini akan membuat otak bekerja melebihi batas kemampuannya sehingga konsentrasi akan terpecah. 
  • Membuat Banyak Kesalahan
Kita sering menemukan atau bahkan mengalami sendiri jika melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, akan membuat banyak kesalahan. Hal ini pasti terjadi karena otak kita tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut.
  • Kehilangan Banyak Momen dalm Kehidupan
Kita akan sangat fokus saat harus melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini tentu saja akan membuat kita melewatkan banyak momen, termasuk momen-momen sederhana, yang terjadi dalam kehidupan kita. Tentu saja hal ini sangat disayangkan karena momen-momen tersebut tidak akan terulang.
  • Mengurangi Tingkat Daya Ingat
Kemampuan otak dalam mengingat sesuatu akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jika ditambahkan dengan banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan dalam satu waktu, kemampuan otak dalam mengingat sesuatu akan semakin berkurang. Hal tersebut telah dibahas secara lengkap melalui portal berita internasional CNN, mengenai bagaimana multitasking dapat menghancurkan otak anda.
  • Merusak Hubungan dengan Orang Sekitar
Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu akan menyita perhatian kita sehingga membuat kita tidak peduli dengan keadaan, termasuk dengan orang-orang di sekitar kita. Tidak heran jika komunikasi dan kualitas waktu bersama mereka akan sangat berkurang. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, hubungan yang dulunya harmonis akan rusak.
  • Sulit Merasa Puas
Hasil dari melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak akan maksimal. Kita juga tidak akan dapat menikmati setiap proses pengerjaannya karena otak kita tidak fokus bekerja. Jelas saja hal ini akan membuat kita selalu sulit untuk merasa puas pada setiap hasil pekerjaan.

Melakukan pekerjaan secara multitasking memang terlihat hebat dan mudah karena tidak semua orang dapat melakukannya. Tetapi sebenarnya, ada banyak sisi negatif yang ditimbulkan akibat sering melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Dalam jangka panjang, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan kita.
Bagi anda seorang karyawan, selesaikanlah pekerjaan satu demi satu. Misalnya anda seorang HRD yang biasa melakukan aktivitas rekrutmen dan penggajian karyawan, prioritaskan pekerjaan yang benar-benar penting dan harus diselesaikan sesegara mungkin. Gunakan Payroll System untuk mempermudah pekerjaan anda dalam penggajian dan Software HR untuk mempermudah aktivitas rekrutmen anda. Dengan begini, bekerja menjadi lebih menyenangkan.

Begitulah guys...sisa kita saja yang harus menyikapi secara bijak, karena kadang kebutuhan organisasi selalu harus dikedepankan dibanding kebutuhan pribadi. Namun demikian dari sisi organisasi juga perlu dilakukan pembenahan menuju arah pengelolaan yang lebih baik.

Keep spirit ya guys...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar